Supaya ilmunya tidak hilang begitu saja, saya coba menulis ulang materi dan proses tanya jawab yang terjadi pada Hari Jumat, tanggal 10 April 2020 pukul 13.00 s.d. 14.00 bersama pakar autis, Dr. Joko Yuwono, M.Pd. (jokoyuwonoautis.com). Beliau adalah salah satu dosen di Universitas Sebelas Maret, Departemen Pendidikan Khusus.
Tulisan asli langsung copas dari WAG, mohon maaf jika banyak yang typo
Hari ini kita akan bahas detail2 karakteristik anak autis, instrumen
tentang anak autis dan perbedaan jenis2 disablitas sengai comorbit (serumpun
tapi tak sama) hambatan yg hampir mirip tapi bukan
autis :
1. hambatan neurilogis yg komplek
2. habatan perkwmbangan
3. tiga area (perilaku ygbmengupang2, interaksi dan komunikasi
4. seblm tiga tahun
kalaunmelihat masa munculnya, autis dikelompokan dalam 2 bagian
1. regresi
2. klasik
regresi itu artinya mundur. kemuduran. anak pada usia awal2 bukan hingga
1,5 tahun berkembang ok, tetapi selanjutnya mulai masalah dan turun, turun
sehinga muncul karakteristij anak auti yg lengkap
klasik yaittu sejak usia dini 2-5 bulan menunjukkan masalah
perkembangan seperti kontak mata yg kaku, tidk bereasksi atas ekpresi saat di
ajak "ekpresi" (dililing atau ditimang2 samabil diajak bercanda).
anak hanya diam atau takut nangis. atau diam saja tanpa ekspresi, tdk responsif
atau cuek, terlalu aktif, tdk peduli, no ekpresi dan no komunikasi sekalipun
bahas isyarat (pre language).
Hambatan yang hampir mirip tapi bukan, maksudnya
gimana ya?
|
|
ooo, ok, jd gejala ada yang irisan atau hampir
sama gt ya?
|
Yes
maka dengan mamahami autis secara komprehemsif
memudahkan melihatbjenis hambatan yg lain
anak LD (kesulitan belajar) memiliki karakteritik
yg mirip autis ketika anak autis sdh cukup tertangani. misalnya....sama2
kusulitan membaca. sebmarnya kesulitan membacanya itu bisa jadi sama. tetapi
anaknkesulitan belajar tdk berkesulitan berkomunikasi atau bertemanya. Autis
kesukitan pada bagian itu. dan ada karekateriatik unik yg tdk ada pada anak LD
dengan anak C yg ringan, mirim manefistasi
kemampuanya, tetapi sebenatnya mencolok perbedaanya
lambat belajar, hampir sama, tetapiblambat
belajar itu IQ dibaah rata2 sedikit
.....80-90
maka kita bisa mempertajam pemahaman ke autis sj
supaya lebih pengkap
|
apakah ada batas minimal atau aksimal dari yang
disebut regresi?
#tahun |
regresi pastinya awal perkembanhan anak tdk
masalah. tentu sblm 2 tahunan
karena mundur perkmabnganyan sehingga usia 3
tahun munculnkarekteristik sebagai anak autis
|
Checklist for Autism
in Toddlers (CHAT)
The
Checklist for Autism in Toddlers is a screening tool to be used by GP's during
the 18 month developmental checkup.
Section
A - Ask Parent:
(Pertanyaan untuk orang tua)
Yes
or No?
____
1) Does your child enjoy being swung, bounced on your knee, etc?
(Apakah anak anda senang
diayun-ayun, digoyang-goyang di atas lutut ?
____
2) Does your child take an interest in other children?
(Apakah anak anda tertarik pada anak
lainnya ?)
____
3) Does your child like climbing on things, such as up stairs?
(Apakah anak anda suka manjat-manjat
pada benda misalnya tangga ?)
____
4) Does your child enjoy playing peek-a-boo/hide-and-seek?
(Apakah anak anda suka main ciluk ba
atau petak umpet ?)
____
*5) Does your child ever pretend, for example, to make a cup of tea using a toy
cup and teapot, or pretend other things?
(Apakah anak anda pernah bermain pura-pura misalnya membuat secangkir teh menggunakan mainan
berbentuk cangkir dan teko, atau permainan lain ?)
____
6) Does your child ever use his/her index finger to point, to ask for
something?
(Apakah anak anda pernah menggunakan jarinya untuk menunjuk dengan tujuan
meminta sesuatu ?)
____
*7) Does your child ever use his/her index finger to point, to indicate
interest in something?
(Apakah anak anda pernah menggunakan jari untuk menunjuk yang
mengindikasikan ketertarikan pada sesuatu ?)
____
8) Can your child play properly with small toys (e.g. cars or bricks) without
just mouthing, fiddling, or dropping them?
(Dapatkah anak anda bermain dengan mainan yang kecil (misalnya mobil mainan
atau balok-balok) tanpa mengucapkan kata dibuat buat, menggesek, atau menjatuhkannya ?)
____
9) Does your child ever bring objects over to you, to show you something?
(Apakah anak anda pernah memberikan suatu benda pada anda untuk menunjukkan
sesuatu pada anda ?)
Section
B - GP's observation (Pengamatan)
Yes
or No?
____
i) During the appointment, has the child made eye contact with you?
(Selama pemeriksaan apakah anak menatap (kontak mata dengan) pemeriksa ?
____
*ii) Get child's attention, then point across the room at an interesting object
and say "Oh look! There's a (name a toy)!" Watch child's face. Does
the child look across to see what you are pointing at?
(Tarik perhatian anak, kemudian pemeriksa menunjuk sesuatu yang menarik dan
katakan : "Lihat, itu. Ada
mobil-mobilan (atau mainan lain)" Perhatikan mata anak, apakah anak
melihat ke benda yang anda tunjuk.)
NOTE
- to record yes on this item, ensure the child has not simply looked at your
hand, but has actually looked at the object you are pointing at.
Catatan
: untuk mencatat ya pada item ini, pastikan anak anda tidak melihat tangan
anda, tetapi benar-benar melihat pada objek yang anda tunjuk.
____
*iii) Get the child's attention, then give child a miniature toy cup and teapot
and say "Can you make a cup of tea?" Does the child pretend to pour
out the tea, drink it etc?
(Tarik perhatian anak, berikan mainan gelas / cangkir dan teko dan katakan
pada anak anda : "Bisa buat secangkir teh ? Apakah anak berpura-pura
menuang teh, minum dan lainya).
NOTE
- if you can elicit an example of pretending in some other game, score a yes on
this item
Catatan
: Jika anak dapat melakukan misalnya bermain pura-pura beberapa permainan, maka
jawabanya ; Ya.
____
*iv) Say to the child "Where's the light?" or "Show me the
light". Does the child point with his/her index finger at the light?
(Tanyakan pada anak : "Coba tunjuk mana cahaya ? (nama benda lain yang
dikenal anak dan ada disekitar kita). Apakah anak menunjukkan dengan jarinya ?
NOTE
- Repeat this with "Where's the teddy?" or some other unreachable
object, if child does not understand the word "light". To record yes
on this item, the child must have looked up at your face around the time of
pointing.
Catatan
: Ulangi lagi pertanyaan lainnya atau pada objek lain yang tak dapat dijangkau,
jika anak tidak memahami “cahaya”. Catat Ya, jika anak melihat kearah wajah
anda pada waktu anak menunjuk.
____
v) Can the child build a tower of bricks? (If so, how many?) (Number of
bricks...)
(Dapatkah anak anda menyusun kubus / balok menjadi suatu menara ?(berapa
jumlahnya….)
*
Indicates critical question most indicative of autistic characteristics
British
Journal of Psychiatry (1996), 168, pp. 158-163
British Journal of Psychiatry (1992), 161, pp. 839-843
British Journal of Psychiatry (1992), 161, pp. 839-843
Diterjemahkan oleh : Joko Yuwono
Diagnostic and
Statistical Manual of Mental Disorders,
Fourth Edition (DSM
IV):
DIAGNOSTIC CRITERIA FOR
299.00 AUTISTIC DISORDER
A. A total of six
(or more) items from (1), (2), and (3), with at
least two from (1), and one each from (2) and (3)
least two from (1), and one each from (2) and (3)
(1)
qualitative impairment in social interaction, as manifested by at least two of
the following:
a) marked impairments in the use of
multiple nonverbal behaviors such as eye-to-eye gaze, facial expression, body
posture, and gestures to regulate social interaction
b) failure to develop peer
relationships appropriate to developmental level
c) a lack of spontaneous seeking to
share enjoyment, interests, or chievements with other people, (e.g., by a lack
of showing, bringing, or pointing out objects of interest to other people)
d) lack of social or emotional
reciprocity ( note: in the description, it gives the following as examples: not
actively participating in simple social play or games, preferring solitary
activities, or involving others in activities only as tools or
"mechanical" aids )
(2)
qualitative impairments in communication as manifested by at least one of the
following:
a) delay in, or total lack of, the
development of spoken language (not accompanied by an attempt to compensate
through alternative modes of communication such as gesture or mime).
b) in individuals with adequate
speech, marked impairment in the ability to initiate or sustain a conversation
with others
c) stereotyped and repetitive use of
language or idiosyncratic
language.
language.
d) lack of varied, spontaneous
make-believe play or social
imitative play appropriate to developmental level
imitative play appropriate to developmental level
(3)
restricted repetitive and stereotyped patterns of behavior, interests and
activities, as manifested by at least two of the following:
a) encompassing preoccupation with one
or more stereotyped and restricted patterns of interest that is abnormal either
in intensity or focus
b) apparently inflexible adherence to
specific, nonfunctional routines or rituals
c) stereotyped and repetitive motor
mannerisms (e.g hand or finger flapping or twisting, or complex whole body
movements)
d) persistent preoccupation with parts
of objects
B.
Delays or abnormal functioning in at least one of the following areas, with
onset prior to age 3 years:
(1) social interaction
(2) language as used in social
communication
(3) symbolic or imaginative play
C. The disturbance is not better
accounted for by Rett's Disorder or Childhood Disintegrative Disorder
Diambil
dari : Autism Symtoms Checklist (Online)
karekateritik anak autis yg unik dapt dilihat sbegaimana digunakan
sebagai instrumen identifikasi pada lampiran saya itu. kita bisa lihat dan
diskisukan. silahkan dibaca dulu,. Direktorat sebenarjya bisa buat seperti
itu....aku mau buatkan....atau adaptasi halnitu sshingga guru bisa
pakai.....bagus bukan? simplen bukan?
ini yang tempo hari pak joko bilang M-Chat ya?
|
yes.
|
contohnya regresi saya masih blm bs bayangin pak
|
jadi regresi itu pada awal2 tahun 1 hingga 2
tahun perkembabgan anak ok. tdk masalah. ntah knepa kok terus perkembangan
anak mengalamainmasalah menjurus 0ada perilaku autism
|
apakah ada yang bernahas indonesia?
dan apakah M-Chat ini selalu ada updateannya
seperti DSM
|
harusnya iya. karena di dsm V sdh berubah.
itu dah aku translete.
kita bisa buat sendiri atau mwnggunakan M-Chat
itu yg telah di terjemahkan
|
jadi regresi itu pada awal2 tahun 1 hingga 2
tahun perkembabgan anak ok
kok bis gitu, ini tetap seperti yg kemaren gak
ada kemungkinan faktor ektern?
|
good.
ada dugaan memang bahwa anak sebenarnya ada
"embrio" autism. Lalu dipicu
dengan pengasuhan yg kurang tepat sehingga menjadindemikian.
faktor internal lebih kuat. Ekternal lemah.
meski varuabel ini masih terus diperdebatkan
|
astis jika dilihat dari verbal nya maka
1. non verbal
2. verbal
Bahasa, non verbal memang ada anak autis yg tdk bisa mempepduksi suara.
50% nak autis non verbal. maka karakteristik non verbal pada anak autis
menjadinpertimbangan pendekatan visual sbagai penekatan pembalajaran. ada
compic, PECs, AUgnentatif Alternative Communication, dll
Aelanjtnya, anaknautis ditinjau dari perilaku
1. aktif
2. hipoaktif
3.. agresif
4. Self injury (menyakiti diri sendiri)
1. aktif dengan hiperaktif is deferent, guru umum
dan slb cenderung menyamkan. anak autis aktif yg dimaksud adalah selalu
bergerak, tdk bisa mempwryahankan aktifitas, aulitvterlibat dsb. Hiperaktif
terminologinya ada 3 hal inattetion, active dan impulsive. anak autis
berkecenderungan aktif atau hiperaktif juga mungkin, tetapi hiperaktif belm
tentu autis
masih penasaran, m chat siapa yang buat?
apakah sama dengan DSM pembuatnya?
|
Beda. setiap edisi harusnya di revisi, disesuaikan
dengan perkembangam isu autism, sy lupa penemunya, ntar akunlihat di buku
Handbook autism punyanya Forl Mark
|
poin 2 maksudnya hipo aktif apa? atau ini typo,
hrsnya hyper aktif?
|
hiperaktif, hipoaktif
hiperaktif (aktifitas yg berlebihan) hipoaktif
(aktifitas yg kurang aktif)
|
non verbal memang ada anak autis yg tdk bisa
mempepduksi suara
ada masalah di pita suara brarti ya, dan ini apa
ada terapinya? atau akan selama memang tidak bs memproduksi suara?
|
Autis sebenarnya tdk terkait dengan organ. bahwa
ada mungkin proses itu bahasa pada neorologis bermasalah
makas salah satu tim penanganan anaknautis adalah
Terpis Wicara. sayang di SLB tdk semua punya ini. sayaaang banget
|
pak masih boleh beryanya tentang Masa
perkembangan autis yg regresi?
kata pak joko kemungkinan ada embrio autis,
apakah ada pemicunya menyebabkan embrio itu jadi?
soalnya keponakan saya dulu untuk dibawah satu
tahun normal2 aja, trs panas kejang sekarang jadi tidak bisa jalan dan ngeces
aja, pup dll jg dibantu. tp tubuhnya tumbuh normal tinggi. mukanya jg bukan
maaf "muka mongol"
|
sekilas, kalau melihat diskripsimu itu bukan autis.
Autis tdk memiliki maslah fisik (tdk bisa jalan).
itu bisa jadi jenis disabilitas lain.
Regresinya iya. tapi manifestasi karakteriatiknya
berbeda2. bisa jadi Polio yg diaertai dengan hambatan intelktual (jika
kognitifnya bernasalah) maka hal demikian butuh pemeriksaan lebih lanjt
bisa jadi MR dan lain2nya
autis....sangat kecil memliki manefistasi
perilaku ngeces, meski memungkinkan. ok
|
cara ngolah instrumennya gimana pak?
anak diindikasi atau bukan autis itu?
|
penggunaannya ada panduanya mbak Lia ntar saya
kirimin yaaa.
|
penggunaan M-Chat ini bermanfaat memamg yag sulit adalah proses
pwnggunaanya. ini butuh pengalaman atau di latih. bagaimna mwlakukanya
misal
Rani menbgahadapi anak autis. lalu dites. bisa jadi anak bukan tdk
bisa mwnunjuk benda. teyapi tdk tertarik saat tes. atau saat dobserbavasi tdk
muncul Karena Rani sebagai guru tdk "cerdas" sosial nya sehingga anak
malah manjat2, main sendiri, tdk merespon.
sepanjang saya punya pegawai, dari tahun 2000 hingga kini, tdk banyak
yg bisa melakukan dengan baik. keterampilan guru dalam "bermain" sama
anak dan pengetahuan yg memadahi sangat menentukan in khusus tuk identifikasi
dan asesmen mbak. baru masuk dalam mengajar
kesimpulanya, instrumennya sih simple. di DSM V juga simpel. tapi
proses itu yg butuh didampingi awalnya. jika SLB pujya instrumen yg dikeluatkan
oleh Direktorat, itu membantu agar hasilnya tdk terlalu "mlenceng"
karema selama ini guru SLB apalagi guru umum di sekolah inklusif blm terlatih.
mereka senmarnya bisa "mwnggantikan" smeentara peran Psikolog atau
dokter yg tdk ada di daerahnya atau mahal biayanya
Sekalinlagi, M-Chart atau sejenisnya dibutuhkan oleh SLB atau sekolah
umum sementara masih kesulitan adanya Psikolog atau Dokter. karena itu
dibutuhkan datanya oleh Direktorat PPK. smoga ada kesempatan ahli2 autis
berembuk.... atau aku mulai menginisiasi dengan bukuku ini. aku akan bagi ke
temen2 konsep ku agar dapat masukan dari temen2 di indonesia. ok?
Refleksi
Kita harus paham dulu bagaimana karakteristik anak autis secara komprehensif karena jika tidak, bisa jadi kita salah dalam mengindikasi dan fatalnya bisa juga keliru dalam membuat perencanaan pembelajarn. Instrumen/asesmen itu sudah ada dan gampang digunakan, namun yang sulit adalah KETERAMPILAN guru saat melakukan asesmen tersebut. Guru harus memiliki "kecerdasan" sosial, latihan, dan juga jam terbang sehingga mampu memproses instrumen dengan baik.
#belajarautis
#mengikatilmu
#part2
#part2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar