Supaya ilmunya tidak hilang begitu saja, saya coba menulis ulang materi dan proses tanya jawab yang terjadi pada Hari Jumat, tanggal 3 April 2020 pukul 09.00 s.d. 10.30. bersama pakar autis, Dr. Joko Yuwono, M.Pd. (jokoyuwonoautis.com) Beliau adalah salah satu dosen di Universitas Sebelas Maret, Departemen Pendidikan Khusus.
Autism berasal dari kata
Autos. artinya menyendiri. Sebamranya kontek autism sdh dikenal lama dengan
namaa yg berbeda. Hans Asperger maka sikenal dengan Asperger Syndrome. 1911
kalau tdk salah hans asperger, orang jerman melihat ada anak2 dengan karekaterisyik
yg sekrang disebut autism. Leo Kanner tepatnya lupa, 1940an menemukan anak2
tapi karekteristuknya seoerti schizoprenia.
Schizoprenia tdk terjadi
pada anak2. kenpa ada ya pd anak2? maka Kanner menyebutnya dengan istilah:
INFANTIL AUTISM autism pada masa kanak2
lalu terus berkembang dalam
terminologi Dignostik Statisyical Manual 1-5 terus berubah skrng DSM-5.
Autism merupakan gangguan
neurologis yg berat dan kompleks gangguan perkembangan pada area Perilaku,
interaksi sosial dan komunikasi bahasa. ini pokok! dan terjadinya HARUS DIBAWAH
3 TAHUN.
gangguan pd area
perkembangan perilaku seperti perilaku yg mengulang2 rigid routine; sangat
ketat terhadap aktifitas yg rutin, minat yg terbatas
Perikalku anaknautis lainya
seprti adanya kelekatan pd objek
tertwntu tetapi tdk fungsional kemudian sebagia contoh anak kmn2 selalu bawa
benda tertentu centhong, selimut, tutp botol, kotak obat, balok dsb tetapi tdk
fungsional.
apakah ibu2 yg bawa HP kmn2
bisa disebut autis? tidak, krn hp fungsional
ada juga karakteriatik utama
yakni tdk imajinatif....misal ketjka anak membawa mobil2an, anak tdk memainkan
benda tersebut layaknya anak2 pada umumnya
Berarti
Asperger Syndrom=Infantil autism=autism?
|
tdk
sama. dalam DSM 4 dulu payungnya adalah PDD didalamnya ada asperger, PDD Nos,
Ret sindrome, dst. ASD masuk din PDD. DSM 5 sdh tdk begitu beda lagi. austis
n AS mirip tapi tdk sama
|
siapakah
yang membuat DSM itu? Dan apakah perkembangan DSM 1-4 dilakukan secara
berkala atau bagaimana?
|
Asosiasi
Psikiatrik Amerika
|
Jika
harus di bawah 3 tahun, lalu yang di atas 3 tahun apa dong pak?
|
di
atas 3 tahun namanya lain. misal usia 5 tahun, jatuh lalu masalah dengan
otak. namanyanlain
usia
15 thn ditinggal pacarnya, strees
namanya ganguan jiwa dst
|
Apakah
ketika anak autis terdapat perilaku menyakiti diri sendiri secara impulsif,
bisa dikategorikan masuk pada area perilaku pak?
|
bisa.
self injury (menyakiti diri sendiri) dan Impulsive agresif (menyerang orang
lain). bukankah anak non autis bisa demikian? jadi bisa ya, tapi tdk selalu.
|
Selama
ini, untuk identifikasi dan asesmen anak autis apakah merujuk pada DSM V itu
saja pak? Atau ada rujukan lain
|
diagnosis
bagi psikolog atau dokter ya. atau bisa juga pakai M-Chart,.....ntar kapan2
aku kirimin
guru
bisa buat sendiri,tetapi bukan fungsi
diagnosis. itu beda.
|
Bisakah
dibagi file DSM V nya pak
|
ambil
di Internet banyak
|
penggunaan
kata yang tepat apakah anak autis, autistik, atau autism, ku masih bingung
|
tanya
ahli bahas.
sy
mwnggunakan kata itu base on kontek
bahasa
|
gangguan
di perilaku, interaksi sosial dan komunikasi bahasa, 3 aspek ini pasti ada
ya? gak mungkin terganggu di salah satu/dua aspek saja?
|
Ya,
kalau hanya bahasa bisa jadi delay speech, blm bisa bicara; tuna rungu ringan
dst
|
dan
terlihat pasti dr usia dibawah 3 thn? jd sebenarnya sudah bisa di
identifikasi sejak dini ya pak?
|
yes.
setidaknya terlihat gejala yg berbeda meski belm tentu autis. tapi dengan
cara itu Orang tua atau guru, perawat, pembantu, mbak, nenek, kakek dst bisa
memberikan stumalsi baik.
|
Masih
penasaran, kenapa usia 3 tahun yang
dijadikan patokan?
|
hasil
riset seluruh dunia begitu. artinya di atas 3 tahun ketahanan dan keajegan
perkwmbangan sdh matang. di bawah 3 tahun blm bisa meski tanda2 bisa
keliahatn.blm tentu autis.
di
dunia riset menununukkan bahwa usi di situlah titik koordinat nya gejala yg
kuat.
|
Siapakah
yang berwenang memberikan "label" bahwa dia anak autis?
|
haknya
Psikolog dan Dokter. kedua, bagaimana kalau guru memberikan label pada
dapodik?
Guru
mengidentifikasi gejalanya, bukan diagnosisnya pelabelan pada dapodik, ada
kemugjinan sdh oleh Psikolog
ada
yg oleh ilmu "kirologi" dari guru maka tdk valid. maka saran saya
adalah tulis
"autis"
(blm dilakikan pemeriksaan psikolog) diduga autis.
Austis
(base on Instrumen Fungsional)
autis
(M-Chat)
itu
artinya guru harus DILATIH secara profesional dengan Panduan Intrumen yg dpt
digunakan olwh guru. Direktorat PPK sangat strategis peranya. (yg terakhir
ini meneurut saya)
|
Apa
itu instrumen fungsional dan M-Chat?
|
itu
contoh.
instrumen
fungsional itu yg dibuat oleh guru untuk kepentingan tertentu
|
Area Sosial Interaksi
yg paling gampang adalah
degan melihat anak saat ulang tahun atau saat belajar di paud usia 2-3 tahun. ketika
guru bercerita, anak autis ada 2 kemungkinan pada area perkembangan ini 1. diam
saja tanpa ada respon emosi sosial yg pas. dia tetep bersama tetapi tdk
interktif. ia main sendiri. mungkin mainin bajubtemenya, main pita lihatbtas
temenntya, narik2 pita ranbut, atau malah buka2 kado yg ulang tahun. bersama2
tetapi sensiri. sepi dalam keramaian (song: Ahnad Dani, ari laso). kemungkan ke
dua, dia memisahkan diri, keluar dari kelompok asik main kaca jendela, main
kertas sendiri, main dipojok ruangan dst
interaksi
sosial, "gejala" nya lbh keliatan ya
|
yes.
pernyataan yg cerdas..
|
om..
dosen, kalau yg terlihat perilaku,
apakah
beda perilaku anak karena autis dengan perilaku anak krn didikan ortu yg
tidak tepat?
misal
anak, terlalu tertekan dan menyendiri ketika dengan temannya?
|
apakah
dia tdk bisa bicara atau komunikasi? ada area lainnyh blm aku jelaskan
beda.
autis tdk terkait dengan pengasuhan secara langsun. dulu awal2 di kira
kesalah pengasuha orang tua. maka di
amerika bannyak orang terus merasa bersalah. Dulu pengasuhan memberikan
dampak makin buruk perkembanhanya.
|
Berarti
autis itu faktor penyebabnya hanya dari internal saja?
|
tdk
juga. ekternal terkait kondisi linhkungan yg tdk sehat mempengaruhi
kehamilan....dan memperparah sperti cat rumah, makanan ikan (tertentu), asap
kenalpot dsb
|
brarti
dari masa kehamilan ya pak
|
bis
jadi
|
kalau
anak itu sudah lahir, sudah tidak ada faktor eksternal nya lagi yg membuat jd
autis
|
memperparah
iya!!!! Tetapi faktor2 itu masih debateble..... tdk ada penyebab yg tunggal
dan selalu jadi autis atas satu hal faktor.
debatable!
tapi
hal2 itu diwaspadai bagi kesehatan anak.
|
Area Bahasa Komunikasi
1. anak autis selalu terlambat perkambangan
bahasa lomuniakasi. sekalipun dengan bahasa isyarat (pre language) sangat buruk
menunjuk, kunci sbagi simbol jalan2, bunyi dst. kalaupun bias bicara, anak autis kesulitan
menggunakan kemampuan bicaranya tuk kehidupannya sehari sehari anak autis 50%
non verbal. yg
saya maksud itu semua adalah anak autis yg masih grees blm tertangani di usia
dini
kalau
anak yg msh bisa menunjuk dengan benar, mengerti instruksi, meskipun belum
bisa bicara
kemungkinan
delay speech ya
jd
untuk bahasa ini, baik lisan maupun menunjuk/bahas isyarat, msh kesulitan ya
|
yes.
Autisnya gugur
|
terkait
dengan tingkatan, apakah autis ada kategori ringan, sedang, dan berat?
apa
yg menentukan?
|
selama
saya baca tdk ada yg ngekompok2kan begitu paling hanya membuat kalimat "anak
autis yg berat yg memiliki hambatan sangat komplek autis semuanya berat,
mestnya
|
Lalu
apakah benar adanya anak autis yang memiliki prestasi? maksudnya
dia
anak autis tapi memiliki kemampuan mengingat dengan cepat, hafal nama nama
ibu kota dsb.
sering
di bilang anak autis itu sbenarnya pintar2..apakah benar pernyataan itu?
*pintar
secara akademik/kognitif nya ok
|
pintar
disini adalah
1.
pinter tapi jika masalah dalam emosi sosial (bkn pemarah saja) bisa sangat
mungkin dia anak cerdas (gifted) baca: tulisan Sullivan.
2.
pinter adalah hafal iya. tetapi jika pinternya tdk dapat digunakan dlam
kehidupan karena hambatan pd area perilaku sosial dan bahasa, autis akan
lebih dominan.
3.
pinter tetapi komunikasi dan bahsanya perkembang, hanyabperilaku sangat
impulsive, bisa jadi anak ADHD
(pinter
bukan seperti pinter anak2 umumnya)
tdk
benar seluruhnya.
area
perilaku dan bahsa komunikasi menghalangi fungsi intelektual yg maksimal
|
autis
terjadi karena faktor internal dlm diri anak (sejak di dlm kandungan), faktor
eksternal seperti pola asuh, lingkungan, pendidikan akan mempengaruhi kondisi
anak tersebut dpt memperparah/memperingan hambatan/gangguan autisme tersebut.
1.
apakah bisa sembuh? atau hanya sekedar meminimalisir hambatan yang ada?
2.
ada yang bilang saat anak autis sudah tertanam 1 konsep di dlm dirinya, maka
akan sangat sulit untuk berubah/tidak dpt flexibel
|
1.
pertanyaan no 1 salah. apakah autis sebuah penyakit? only gangguan
perkembangan. bisa menjadi lebih baik jika tertanganinsecara teapt.
rigid
routine. pattern.
yes
no 2.
sebagian
besar
no.
autis bukan penyakit!
|
jd
semakin dewasa anak dan dnegan penanganan yg tepat, dapat semakin
terminimalisir gangguan2nya ya pak, seperti gangguang perilaku, bahasa dan
interaksi sosaialnya.
jd
lama kelamaan akan bisa sama dengan yang lain
|
yes
n no
autis
tdk bisa diprediksi.
artinya
banyak yg tertangani sejak dini, tetapi tdk menunjukkan perkembangan yg
maksimal. ada.
diharapkan.
memang
harus lihat kondisi anak autis. itu penting.
dng
carabitu aetidknya kita bisa menginformasikan apa yg harus dilakukan.
tetap
ad peluang jika ditangani sejak dini.
|
πAliran rasaku..
Seru....sistem
belajar kaya gini....πππ,,,
Menyimak
materi dan membuat pertanyaan langsung πππ
Nanti
di akhir ada tugas dan rapot ya pak dosen? π
|
no!
Rapot
Iyaaa ! aku bisa buatkan. sertufikat dari lembagaku.
|
selanjutnya adalah dngan melihat gejala2 sjak
dini usia 6 bln-12/1,5 tahun OT bisa berbuat aecepatnya apa yg harus dilakukan.
jangan mudah melabel. gbiarkan prosesional yg mendiagnosis. kita bis
lebihbteliti bagi anak dan Pesrta didik (PD) kita
Refleksi
πAutis bukanlah sebuah penyakit
πYang berhak
memberikan label ini hanyalah dokter/psikolog. Guru tak punya hak untuk
melabel, dia hanya bisa mengidentifikasi gejala bukan mendiagnosa.
πUsia yang dijadikan
patokan adalah 3 tahun karena ini berdasarkan hasil riset rata-rata sedunia.
πPembuat DSM adalah
Asosiasi Psikiatrik Amerika dan yang update saat ini yaitu DSM 5
πTidak ada
pengelompokkan anak autis menjadi ringan, sedang, ataupun berat.
πTidak ada faktor
tunggal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi autis.
πPola asuh tidak
pengaruh terhadap kejadian seseorang menjadi autis
#kuliahonline
#belajarautis
#mengikatilmu
#part1
#part1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar