Keindahan cinta bukan karena seberapa besar dan banyak kau berikan sesuatu padanya melainkan seberapa kuat kalian bertahan dalam suka maupun duka

Sabtu, 04 April 2020

Pengantar Anak Autis

Supaya ilmunya tidak hilang begitu saja, saya coba menulis ulang materi dan proses tanya jawab yang terjadi pada Hari Jumat, tanggal 3 April 2020 pukul 09.00 s.d. 10.30. bersama pakar autis, Dr. Joko Yuwono, M.Pd. (jokoyuwonoautis.com) Beliau adalah salah satu dosen di Universitas Sebelas Maret, Departemen Pendidikan Khusus.



Tulisan asli langsung copas dari WAG, mohon maaf jika banyak yang typo
Autism berasal dari kata Autos. artinya menyendiri. Sebamranya kontek autism sdh dikenal lama dengan namaa yg berbeda. Hans Asperger maka sikenal dengan Asperger Syndrome. 1911 kalau tdk salah hans asperger, orang jerman melihat ada anak2 dengan karekaterisyik yg sekrang disebut autism. Leo Kanner tepatnya lupa, 1940an menemukan anak2 tapi karekteristuknya seoerti schizoprenia.

Schizoprenia tdk terjadi pada anak2. kenpa ada ya pd anak2? maka Kanner menyebutnya dengan istilah: INFANTIL AUTISM autism pada masa kanak2
lalu terus berkembang dalam terminologi Dignostik Statisyical Manual 1-5 terus berubah skrng DSM-5.

Autism merupakan gangguan neurologis yg berat dan kompleks gangguan perkembangan pada area Perilaku, interaksi sosial dan komunikasi bahasa. ini pokok! dan terjadinya HARUS DIBAWAH 3 TAHUN.

gangguan pd area perkembangan perilaku seperti perilaku yg mengulang2 rigid routine; sangat ketat terhadap aktifitas yg rutin, minat yg terbatas

Perikalku anaknautis lainya seprti adanya kelekatan   pd objek tertwntu tetapi tdk fungsional kemudian sebagia contoh anak kmn2 selalu bawa benda tertentu centhong, selimut, tutp botol, kotak obat, balok dsb tetapi tdk fungsional.

apakah ibu2 yg bawa HP kmn2 bisa disebut autis? tidak, krn hp fungsional
ada juga karakteriatik utama yakni tdk imajinatif....misal ketjka anak membawa mobil2an, anak tdk memainkan benda tersebut layaknya anak2 pada umumnya

Berarti Asperger Syndrom=Infantil autism=autism?
tdk sama. dalam DSM 4 dulu payungnya adalah PDD didalamnya ada asperger, PDD Nos, Ret sindrome, dst. ASD masuk din PDD. DSM 5 sdh tdk begitu beda lagi. austis n AS mirip tapi tdk sama
siapakah yang membuat DSM itu? Dan apakah perkembangan DSM 1-4 dilakukan secara berkala atau bagaimana?
Asosiasi Psikiatrik Amerika
Jika harus di bawah 3 tahun, lalu yang di atas 3 tahun apa dong pak?
di atas 3 tahun namanya lain. misal usia 5 tahun, jatuh lalu masalah dengan otak. namanyanlain

usia 15 thn ditinggal pacarnya,  strees namanya ganguan jiwa dst
Apakah ketika anak autis terdapat perilaku menyakiti diri sendiri secara impulsif, bisa dikategorikan masuk pada area perilaku pak?
bisa. self injury (menyakiti diri sendiri) dan Impulsive agresif (menyerang orang lain). bukankah anak non autis bisa demikian? jadi bisa ya, tapi tdk selalu.
Selama ini, untuk identifikasi dan asesmen anak autis apakah merujuk pada DSM V itu saja pak? Atau ada rujukan lain
diagnosis bagi psikolog atau dokter ya. atau bisa juga pakai M-Chart,.....ntar kapan2 aku kirimin
guru bisa buat sendiri,tetapi bukan  fungsi diagnosis. itu beda.
Bisakah dibagi file DSM V nya pak
ambil di Internet banyak
penggunaan kata yang tepat apakah anak autis, autistik, atau autism, ku masih bingung
tanya ahli bahas.
sy mwnggunakan kata itu base on  kontek bahasa
gangguan di perilaku, interaksi sosial dan komunikasi bahasa, 3 aspek ini pasti ada ya? gak mungkin terganggu di salah satu/dua aspek saja?
Ya, kalau hanya bahasa bisa jadi delay speech, blm bisa bicara; tuna rungu ringan dst
dan terlihat pasti dr usia dibawah 3 thn? jd sebenarnya sudah bisa di identifikasi sejak dini ya pak?
yes. setidaknya terlihat gejala yg berbeda meski belm tentu autis. tapi dengan cara itu Orang tua atau guru, perawat, pembantu, mbak, nenek, kakek dst bisa memberikan stumalsi baik.
Masih penasaran, kenapa usia 3 tahun  yang dijadikan patokan?
hasil riset seluruh dunia begitu. artinya di atas 3 tahun ketahanan dan keajegan perkwmbangan sdh matang. di bawah 3 tahun blm bisa meski tanda2 bisa keliahatn.blm tentu autis.

di dunia riset menununukkan bahwa usi di situlah titik koordinat nya gejala yg kuat.
Siapakah yang berwenang memberikan "label" bahwa dia anak autis?
haknya Psikolog dan Dokter. kedua, bagaimana kalau guru memberikan label pada dapodik?
Guru mengidentifikasi gejalanya, bukan diagnosisnya pelabelan pada dapodik, ada kemugjinan sdh oleh Psikolog
ada yg oleh ilmu "kirologi" dari guru maka tdk valid. maka saran saya adalah tulis
"autis" (blm dilakikan pemeriksaan psikolog) diduga autis.
Austis (base on Instrumen Fungsional)
autis (M-Chat)
itu artinya guru harus DILATIH secara profesional dengan Panduan Intrumen yg dpt digunakan olwh guru. Direktorat PPK sangat strategis peranya. (yg terakhir ini meneurut saya)
Apa itu instrumen fungsional dan M-Chat?
itu contoh.

instrumen fungsional itu yg dibuat oleh guru untuk kepentingan tertentu

Area Sosial Interaksi
yg paling gampang adalah degan melihat anak saat ulang tahun atau saat belajar di paud usia 2-3 tahun. ketika guru bercerita, anak autis ada 2 kemungkinan pada area perkembangan ini 1. diam saja tanpa ada respon emosi sosial yg pas. dia tetep bersama tetapi tdk interktif. ia main sendiri. mungkin mainin bajubtemenya, main pita lihatbtas temenntya, narik2 pita ranbut, atau malah buka2 kado yg ulang tahun. bersama2 tetapi sensiri. sepi dalam keramaian (song: Ahnad Dani, ari laso). kemungkan ke dua, dia memisahkan diri, keluar dari kelompok asik main kaca jendela, main kertas sendiri, main dipojok ruangan dst

interaksi sosial, "gejala" nya lbh keliatan ya
yes. pernyataan yg cerdas..
om.. dosen, kalau yg terlihat perilaku,
apakah beda perilaku anak karena autis dengan perilaku anak krn didikan ortu yg tidak tepat?
misal anak, terlalu tertekan dan menyendiri ketika dengan temannya?
apakah dia tdk bisa bicara atau komunikasi? ada area lainnyh blm aku jelaskan
beda. autis tdk terkait dengan pengasuhan secara langsun. dulu awal2 di kira kesalah pengasuha  orang tua. maka di amerika bannyak orang terus merasa bersalah. Dulu pengasuhan memberikan dampak makin buruk perkembanhanya.
Berarti autis itu faktor penyebabnya hanya dari internal saja?
tdk juga. ekternal terkait kondisi linhkungan yg tdk sehat mempengaruhi kehamilan....dan memperparah sperti cat rumah, makanan ikan (tertentu), asap kenalpot dsb
brarti dari masa kehamilan ya pak
bis jadi
kalau anak itu sudah lahir, sudah tidak ada faktor eksternal nya lagi yg membuat jd autis
memperparah iya!!!! Tetapi faktor2 itu masih debateble..... tdk ada penyebab yg tunggal dan selalu jadi autis atas satu hal faktor.
debatable!

tapi hal2 itu diwaspadai bagi kesehatan anak.

Area Bahasa Komunikasi
1.  anak autis selalu terlambat perkambangan bahasa lomuniakasi. sekalipun dengan bahasa isyarat (pre language) sangat buruk menunjuk, kunci sbagi simbol jalan2, bunyi dst. kalaupun bias bicara, anak autis kesulitan menggunakan kemampuan bicaranya tuk kehidupannya sehari sehari anak autis 50% non verbal. yg saya maksud itu semua adalah anak autis yg masih grees blm tertangani di usia dini

kalau anak yg msh bisa menunjuk dengan benar, mengerti instruksi, meskipun belum bisa bicara
kemungkinan delay speech ya

jd untuk bahasa ini, baik lisan maupun menunjuk/bahas isyarat, msh kesulitan ya
yes. Autisnya gugur
terkait dengan tingkatan, apakah autis ada kategori ringan, sedang, dan berat?

apa yg menentukan?
selama saya baca tdk ada yg ngekompok2kan begitu paling hanya membuat kalimat "anak autis yg berat yg memiliki hambatan sangat komplek autis semuanya berat, mestnya
Lalu apakah benar adanya anak autis yang memiliki prestasi? maksudnya

dia anak autis tapi memiliki kemampuan mengingat dengan cepat, hafal nama nama ibu kota dsb.

sering di bilang anak autis itu sbenarnya pintar2..apakah benar pernyataan itu?
*pintar secara akademik/kognitif nya ok
pintar disini adalah
1. pinter tapi jika masalah dalam emosi sosial (bkn pemarah saja) bisa sangat mungkin dia anak cerdas (gifted) baca: tulisan Sullivan.

2. pinter adalah hafal iya. tetapi jika pinternya tdk dapat digunakan dlam kehidupan karena hambatan pd area perilaku sosial dan bahasa, autis akan lebih dominan.

3. pinter tetapi komunikasi dan bahsanya perkembang, hanyabperilaku sangat impulsive, bisa jadi anak ADHD

(pinter bukan seperti pinter anak2 umumnya)
tdk benar seluruhnya.

area perilaku dan bahsa komunikasi menghalangi fungsi intelektual yg maksimal
autis terjadi karena faktor internal dlm diri anak (sejak di dlm kandungan), faktor eksternal seperti pola asuh, lingkungan, pendidikan akan mempengaruhi kondisi anak tersebut dpt memperparah/memperingan hambatan/gangguan autisme tersebut.

1. apakah bisa sembuh? atau hanya sekedar meminimalisir hambatan yang ada?
2. ada yang bilang saat anak autis sudah tertanam 1 konsep di dlm dirinya, maka akan sangat sulit untuk berubah/tidak dpt flexibel
1. pertanyaan no 1 salah. apakah autis sebuah penyakit? only gangguan perkembangan. bisa menjadi lebih baik jika tertanganinsecara teapt.

rigid routine. pattern.

yes no 2.
sebagian besar

no. autis bukan penyakit!
jd semakin dewasa anak dan dnegan penanganan yg tepat, dapat semakin terminimalisir gangguan2nya ya pak, seperti gangguang perilaku, bahasa dan interaksi sosaialnya.

jd lama kelamaan akan bisa sama dengan yang lain
yes n no
autis tdk bisa diprediksi.
artinya banyak yg tertangani sejak dini, tetapi tdk menunjukkan perkembangan yg maksimal. ada.

diharapkan.
memang harus lihat kondisi anak autis. itu penting.

dng carabitu aetidknya kita bisa menginformasikan apa yg harus dilakukan.

tetap ad peluang jika ditangani sejak dini.
πŸ’žAliran rasaku..

Seru....sistem belajar kaya gini....😍😍😍,,,

Menyimak materi dan membuat pertanyaan langsung πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ

Nanti di akhir ada tugas dan rapot ya pak dosen? πŸ™ˆ
no!
Rapot Iyaaa ! aku bisa buatkan. sertufikat dari lembagaku.

selanjutnya adalah dngan melihat gejala2 sjak dini usia 6 bln-12/1,5 tahun OT bisa berbuat aecepatnya apa yg harus dilakukan. jangan mudah melabel. gbiarkan prosesional yg mendiagnosis. kita bis lebihbteliti bagi anak dan Pesrta didik (PD) kita

Refleksi
πŸ“Autis bukanlah sebuah penyakit
πŸ“Yang berhak memberikan label ini hanyalah dokter/psikolog. Guru tak punya hak untuk melabel, dia hanya bisa mengidentifikasi gejala bukan mendiagnosa.
πŸ“Usia yang dijadikan patokan adalah 3 tahun karena ini berdasarkan hasil riset rata-rata sedunia.
πŸ“Pembuat DSM adalah Asosiasi Psikiatrik Amerika dan yang update saat ini yaitu DSM 5
πŸ“Tidak ada pengelompokkan anak autis menjadi ringan, sedang, ataupun berat.
πŸ“Tidak ada faktor tunggal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi autis.
πŸ“Pola asuh tidak pengaruh terhadap kejadian seseorang menjadi autis

#kuliahonline
#belajarautis
#mengikatilmu
#part1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topi AFM 2

Upluk coklat adalah upluk yang pertama kali kami beli saat car free day hari Minggu di Telaga Golf. Saat itu usia Dede Fayy masih 4 bulan. ...