Alhamdulillah, bisa lanjut ke
game level 4 dengan kondisi sehat wal afiat. Kali ini tantangannya adalah
Memahami Gaya Belajar Anak. Setelah mendapatkan materi dan tantangan dari
fasilitator, saya langsung share kepada
suami dan melakukan diskusi melalui media WhatsApp
karena qadarullah suami dapat tugas di Makassar selama 5 hari. Walaupun jarak
memisahkan, tapi hati kita selalu dekat, eeeaaa...
Alhamdulillah, suami memberikan
respon yang baik dan memberikan saran-saran kegiatan yang akan dilakukan oleh
Zahra (usia 16 menuju17 bulan) untuk 17 hari kedepan.
Secara ringkas, dalam materi
dijelaskan bahwa tujuan anak-anak belajar yaitu meningkatkan rasa ingin tahu
anak, mengasah seni/cara anak agar selalu bergairah untuk menemukan sesuatu,
meningkatkan daya kreasi dan imajinasinya, meningkatkan akhlak mulia anak-anak
dengan 3 modalitas yaitu AUDITORI, VISUAL, dan KINESTETIK.
Berdasarkan hasil diskusi kuliah
online Bunda Sayang, diperoleh informasi bahwa untuk usia 0-5 tahun masih belum
bisa terlihat jelas gaya belajar yang dimiliki anak, yang bisa dilakukan orang
tua hanyalah mengamati/mengobservasi gaya belajarnya berdasarkan
kegiatan/aktivitas yang dilakukan anak.
Setelah mencari referensi dan
diskusi, bismillah, berikut adalah
beberapa rencana kegiatan yang akan kami lakukan untuk mengobservasi gaya
belajar Zahra yang mendukung tumbuh kembangnya:
No.
|
Kegiatan/Aktivitas
|
Keterangan
|
1
|
Bermain di luar ruangan, misal:
-
berlari
-
menendang bola
-
memeriksa
tanaman/bunga
-
menonton kendaraan
yang lalu lalang
-
mengamati ikan di
kolam
-
melempar bola
|
Meningkatkan tumbuh kembang secara fisik
|
2
|
Bersenang-senang di dalam
ruangan, misal:
-
menyalakan musik
favorit
-
menyanyikan lagu
anak
-
menari bersama
|
Membantu anak belajar
koordinasi gerak dan ritme musik
|
3
|
Mencorat-coret kertas
menggunakan pulpen/pensil warna
|
Melatih anak menggenggam benda
dan mengenalkan warna
|
4
|
·
Bermain game yang
mengharuskan memberikan instruksi sederhana, misal:
-
membereskan
mainannya
-
menunjuk anggota
badan
-
tepuk tangan
-
menyebutkan
nama-nama bagian wajah atau tubuh
· Berburu harta karun (menyembunyikan benda yang sering
dilihat sehingga ketika ia berhasil menemukannya, ia dapat menyebutkan
namanya)
|
Meningkatkan tumbuh kembang
secara kognitif
|
5
|
Belajar berempati misal,
-
dengan berkata “Oh,
Adek lagi marah ya,” saat ia menangis karena melarangnya main benda berbahaya
-
bersabar menunggu
giliran bermain
|
Meningkatkan tumbuh kembang
secara sosial dan emosional
|
6
|
·
Bermain games
seperti bisik-bisik atau berpura-pura menjadi monster dan menggeram ketika keluar dari pintu
·
Memperjelas apa
yang dikatakan
·
Membacakan cerita
·
Menirukan apa yang diucapkan
|
Meningkatkan keterampilan
bicara dan bahasa
|
Sumber:
Materi Level 4 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu
Profesional
#HariKe1
#Tantangan10Hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar